Rabu, 16 November 2011

Menyemai Benih Teknologi Pendidikan- Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc.


Peranan Teknologi Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran
Kualitas Pembelajaran
Wotruba and Wright (1975) berdasarkan pengkajiannya atas sejumlah penelitian, mengidentifikasikan tujuh indikator yang menunjukkan pembelajaran yang efektif indikator itu adalah:
a.       Pengorganisasian kuliah dengan baik
b.      Komunikasi secara efektif
c.       Penguasaan dan antusiasme dalam mata kuliah
d.      Sikap positif terhadap mahasiswa
e.       Pemberian ujian dan nilai yang adil
f.       Keluwesan dalam pe.ndekatan pengajaran, dan
g.      Hasil b.elajar mahasiswa yang baik
Teknologi pendidikan dalam pembelajaran.
Teknologi pendidikan pada hakekatnya membantu memecahkan  masalah belajar. Teknologi belajar ada yang bersifat mikro, maupun makro. Beberapa masalah belajar mikro misalnya:
1.      Sulit mempelajari konsep yang abstrak
2.      Sulit membayangkan peristiwa yang telah lalu
3.      Sulit mengamati suatu objek yang terlalu kecil atau besar
4.      Sulit memperoleh pengalaman langsung
5.      Sulit memahami pelajaran yang diceramahkan
6.      Sulit untuk memahami konsep yang rumit
7.      Terbatasnya waktu u.ntuk belajar
Masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan berbagai kombinasi komponen sistem pembelajaran. Misalnya masalah butir 1-4 dapat diatasi dengan digunakannya media pembelajaran. Pada butir 5-7 dapat diatasi dengan mengkombinasikan peran dengan teknik pembelajaran tertentu.
Dalam skala makro, yang meliputi seluruh sistem pendidikan terdapat masalah belajar seperti belum cukupnya kesempatan belajar yang merata pada SLTP, terbatasnya kualitas pendidikan yang ditandai antara lain dengan rendahnya produktivitas belajar, belum sesuai dan sepadannya pendidikan sekolah dengan dunia sekitar khususnya dunia kerja, dan belum sesuainya dengan perkembangan IPTEK. Diusahanya pemecahannya dengan menciptakan suatu sistem pembelajaran yang inovatif melalui pelaksanaan semua fungsi pengembangan dan pengelolaan. Hasil penciptaan itu berupa SMP Terbuka an Universitas Terbuka.
Potensi Teknlogi Pendidikan
Perspektif teknologi pendidikan dapat dikaji dari tiga sisi, yaitu sisi sebagai bidang garapan, sebagai profesi, dan sebagai bidang kajian.
Kecenderungan teknologi pendidikan sebagai bidang garapan, meliputi tiga hal, yaitu dan berkembangnya: sistem pembelajaran yang inovatif, penggunaan teknologi komunikasi dan informasi, teknologi pembelajaran untuk PSDM. Kecenderungan teknologi pendidikan sebagai profesi berkembang kearah: peningkatan keahlian,pengakuan keprofesian, berkembangnya organisasi profesi. Kecenderungan teknologi pendidikan sebagai bidang kajian telah berkembang dengan tiga pendekatan, yaitu pendekatan empirik, pendekatan analitik, dan pendekatan teoritik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar