Teknologi Pendidikan dan Peranannya dalam Transformasi Pendidikan
Perkembangan masyarakat akan membawa pengaruh terhadap perkembangan nilai, prinsip, dan prosedur dalam penddidikan. Beberapa usaha pembaharuan kecil-kecilan (reformasi) memang telah dilakukan, namun kini yang sebenarnya diperlukan adalah transformasi pendidikan, dimana hakekat, lembaga, dan fungsi pendidikan dikembangkan dengan menggunakan nilai, prinsip, prosedur baru secara menyeluruh. Beberapa kecenderungan baru berikut dapat dijadikan dasar pertimbangan perlunya usaha transformasi itu diantaranya:
1. Belajar menyelidik
2. Belajar mandiri
3. Belajar struktur bidang studi
4. Belajar mencapai penguasaan
5. Pendidikan untuk perkembangan kepribadian
6. Pendekatan sistem
7. Persebaran waktu
8. Persebaran tempat
9. Keanekaragaman sistem
10. Deferensiasi peranan
11. Ekonomi pendidikan
12. Perkembangan teori dan prinsip
Konsep Teknologi Pendidikan dan Kemungkinan Penerapannya
Bertolak dari rumusan AECT (1986: 105-122) dapat diidentifikasikan sejumlah bentuk penerapan praktis konsep teknologi pendidikan sebagai berikut:
1. Tersedianya dan dimanfaatkannya sumber-sumber yang memungkinkan orang untuk belajar
2. Dilaksnakanny fungsi pengelolaan dan pengembangan dalam proses pengadan dn pemakaian sumber belajar
3. Meningkatnya jenjang pengambilan keputusan belajar hingga tingkat penyusunan kurikulum
4. Timbulnya berbagai jenis pola instrksional
5. Timbulnya berbagai alternatif kelembagaan kegiatan pendidikan dengan rentangan antara sekolah tradisional hingga jaringan belajar
6. Adanya standar mutu bahan ajaran dan pilihan bahan ajaran standar yang lebih banyak
7. Beragamnya keragaman proses pengajaran, namun dengan mutu yang lebih baik
8. Dilakukannya perencanaan dan pengembangan pembelajaran oleh para ahli yang khusus bertanggung jawab untuk itu dalam suatu kerja sama tim
9. Tersedianya bahan ajaran dengan kualitas yang lebih baik, serta jumlah dan macam yang lebih banyak
10. Dilakukannya penilaian dan penyempurnaan atas segala tahap dalam proses pembelajaran
11. Diselenggarakannya pengukuran hasil belajar berdasarkan penguasaan tujuan yang ditetapkan
12. Berkembangnya pengertian dan peranan guru
Kebijakan dan Program
Program pendidikan masyarakat dengan menggunakan media komunikasi massa diharapkan menggunakan strategi terarah dan teroganisasikan, tidak secara bebas seperti sekarang ini. Program pendidikan masyarakat ini hendaknya dapat menunjang terbentuknya nilai-nilai baru yang diperlukan dalam memasuki tahap tinggal landas menuju industrialisasi, atau transformasi ke masyarakat industri.
Pengembangan program pendidikan ini memerlukan koordinasi yang erat dan partisipasi yang luas, mengingat bahwa telah banyak lembaga dan orang yang bergerak dalam bidang media massa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar